Post Terbaru

Perkembangan Anak di Masa Golden Age


Anak anak di bawah usia lima tahun sedang berada pada masa emas, atau biasa disebut golden age. Kenapa dinamakan golden age, karena pada masa ini otak anak sedang berkembang dengan baik, sehingga anak akan mudah menyerap segala macam pelajaran, dan mampu mengingat setiap peristiwa yang terjadi di sekitarya. Oleh sebab itu, pada masa ini merupakan masa yang tepat untuk mengajarkan anak berbagai hal yang menjadi dasar – dasar dalam kehidupan, seperti mengenalkan anak berbagai benda, anggota tubuhnya, mengenalkan alam sekitarnya, bahkan bisa juga menyiapkan anak mengenai kebutuhan edukasi nya seperti cara belajar membaca dan belajar berhitung. Dengan memberikan pelajaran kepada anak sejak dini, maka akan berpengaruh pada kecerdasan anak. 

Maksudnya adalah dengan melatih atau mengajarkan cara belajar membaca kepada anak sejak dini menjadikan anak lebih siap ketika akan memasuki masa sekolah, baik masa taman kanak – kanak maupun masa sekolah dasar. Dengan kesiapan seperti itu, otomatis anak akan menjadi lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan guru – guru nya di sekolah, ketika anak ebih cepat dari teman – temannya dalam memahami pelajaran, maka akan berdampak pada prestasi anak di sekolah nanti. 

Selain mengajarkan anak cara belajar membaca, mengajarkan hal – hal lain pada masa keemasan pun akan mempengaruhi kecerdasan anak. anak pada masa ini juga sedang belajar meniru, seperti menirukan cara bicara orang tua, cara berperilaku dan lain sebagainya. Hanya saja pada masa ini juga orang tua harus berhati – hati dalam berperilaku dan berhati – hati dalam bericara, jangan sampai menunjukkan cara berperilaku dan cara berbicara yang buruk kepada anak. 

Sebab apa yang anak lihat dan dengar akan diingat sampai ia tumbuh besar nanti. Selain belajar, pada masa ini juga adalah pembentukan karakter anak, segala emosional yang ia pelajari di lingkungan akan mempengaruhi karakternya, misalnya jika anak terbiasa dengan situasi kekerasan, maka ia akan menjadi pemarah, bahkan penakut, sebaliknya jika anak di didik di lingkungan yang lembut dan penuh kasih sayang, maka anak akan tumbuh dengan psikologi dengan baik.