Aneka Resep Masakan Nusantara Berbahan Dasar Udang

Udang merupakan salah satu makanan laut yang banyak disukai karena kandungan gizinya yang tinggi serta rasanya yang nikmat. Mengolah udang secara sederhana dapat dilakukan dengan menggorengnya menggunakan tepung bumbu agar menjadi udang goreng tepung yang renyah. Aneka resep masakan Nusantara dengan bahan dasar udang lainnya yang bisa kita praktekkan di rumah adalah udang jamur saus pedas. Selain menggunakan udang sebagai bahan utama, resep ini juga turut menggunakan jamur kancing.

Rasanya pedas agar sesuai dengan selera orang Indonesia yang rata-rata menyukai rasa pedas. Namun, jika kita tidak menyukai rasa pedas maka porsi cabai dalam resep di bawah ini dapat dikurangi sesuai selera. Berikut adalah cara memasak dan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan utama yang dibutuhkan adalah udang sebanyak lima ratus gram serta jamur kancing sebanyak dua ratus gram yang telah direbus terlebih dahulu. Untuk bumbu-bumbu dan bahan lainnya, sediakan saus sambal sebanyak dua sendok makan, bawang bombay sebanyak setengah butir yang dicincang halus, bawang putih sebanyak dua siung yang dicincang halus, cabai merah besar sebanyak dua buah yang diiris serong, tomat sebanyak dua buah yang dipotong kecil-kecil, cabai rawit sebanyak lima buah yang diiris tipis, air perasan dari jeruk nipis yang akan digunakan untuk merendam ulang, mentega, garam serta gula secukupnya. Cara membuat diawali dengan membersihkan udang terlebih dahulu lalu merendamnya sebentar dalam perasan jeruk nipis.


Panaskan wajan lalu lelehkan mentega di atasnya. Masukkan irisan bawang putih, bawang bombay, tomat serta cabai. Tumis sampai harum. Masukkan udang serta jamur kancing dan tambahkan sedikit air. Masukkan gula, garam dan saus sambal. Aduk rata agar bumbu meresap dan masak hingga matang. Angkat lalu sajikan. Demikian adalah aneka resep masakan Nusantara dengan bahan utama udang, yakni udang jamur saus pedas. Aneka resep lainnya bisa ditemukan di website NICI atau Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Berbagai resep masakan Indonesia dengan aneka variasi menu bisa kita cari di sana. Selamat mempraktekkan.