Tips Menjaga Kehamilan Dengan Memilih Makanan Sehat

Tips Menjaga Kehamilan Dengan Memilih Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Makanan yang sehat dan bergizi juga sangat penting bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Untuk itu penting bagi ibu hamil dalam menjaga kehamilan dengan memilih berbagai makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh.

Saat hamil dalam hal konsumsi makanan harus betul-betul diperhatikan dengan benar seperti dalam porsi ataupun dalam jenis makanannya. Dalam porsi makanan wanita yang sedang hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lebih banyak dibandingkan dengan wanita biasanya. Hal ini sebagai asupan nutrisi yang diperlukan tubuh ibu dan janin dalam kandungan sehingga kehamilannya bisa terjaga dengan baik.

Porsi makanan dalam menjaga kehamilan misalnya dalam jumlah kalori sebanyak 200 sampai 250 kalori setiap harinya. Selain itu asupan nutrisi lain seperti vitamin, protein, dan yang lainnya juga penting diperhatikan. Untuk bisa mendapatkan asupan nutrisi yang penting tersebut bisa dimulai dari memilih jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi tadi seperti memilih makanan dari jenis sayuran dan juga buah-buahan. 

Selain buah dan sayuran perhatikan juga untuk mengkonsumsi susu yang banyak mengandung kalsium dan juga daging merah. Dalam memperhatikan porsi makanan juga wajib diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlebihan, karena bisa mengakibatkan kelebihan berat badan yang berlebihan. 

Selain itu hindari juga beragam jenis makanan yang dalam pengolahannya kurang matang atau memang sengaja setengah matang. Konsumsi makanan seperti ini bisa berakibat kurang baik untuk tubuh dan mengakibatkan infeksi. Selain itu makanan yang besar dari ikan-ikan besar seperti hiu, tenggiri, dan yang lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi karena kurang baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Dengan memperhatikan asupan makanan maka menjaga kehamilan akan lebih mudah dilakukan. Saat persalinan nanti pun bisa dilakukan secara normal dan bayi lahir secara sempurna tanpa cacat sedikitpun. Jika ada yang kurang dipahami mengenai kehamilan atau terjadi hal yang kurang dimengerti pada kehamilan sebaiknya bertanya langsung ke dokter kandungan atau ke bidan terdekat.

Komentar