Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Apakah anak Anda merasa sulit untuk di ajak tidur siang dan sering main saja? apabila memang iya, pastikan buah hati Anda untuk tidur siang karena dengan melakukan aktivitas tersebut tentu akan memberikan manfaat bagi anak Anda. Manfaat tidur siang salah satunya adalah untuk dapat mengistirahatkan badan bagi si buah hati. 

Apabila buah hati kita berusia kurang dari 5 tahun maka cobalah untuk memperhatikan mereka akan terus bergerak-gerak, seperti lari-lari, memanjat ataupu hal lain yang menrutunya menarik. Hal tersebut tidak asing lagi, karena si buah hati sedang mengeksplorasi lingkungannya. Berapa banyakkah energi yang dikeluarkan buah untuk melakukan kegiatan tersebut?. Pastikan lebih banyak lagi, apabila si buah hati sudah merasa lelah, maka ajak dia tidur siang.

Durasi tidur siang pada anak akan semakin berkurang seiring dengan beranjaknya usia si anak, apabila masih bayi ia akan tidur lebih lama kira-kira 3 hingga 4 jam dalam sekali tidur siang. Ketika beranjak besar, ia akan mulai merasa susah untuk di ajak tidur siang. Namun pastikanlah buah hati kita tidur siang walaupun hanya 1 jam dalam sehari. Berikut di bawah ini adalah manfaat tidur siang bagi anak:

Dapat mengistirahatkan tubuh seorang anak, setelah anak beraktivitas seharian tubuhnya akan mengalami kelelahan. Maka tubuh anak harus di istirahatkan dengan cara tidur siang. Pada saat tidur siang semua otot tubuh anak mengendur, otak menjadi lebih rileks, dan semua organ dalam tubuh istirahat. Sehingga ketika bangun tidur anak menjadi lebih bugar dan siap melakukan aktivitas lagi.

Membantu proses pertumbuhan bagi anak, pada saat buah kita tidur siang tentu tubuhnya akan memproduksi hormon bagi pertumbuhannya. Hormon tersebut bekerja optimal ketika buah hati kita dalam keadaan tertidur.

Menghilangkan rasa stres pada anak. Selain dapat mengistirahatkan tubuh, tidur siang juga akan menghadirkan buah hati dari stress. Sehingga ketika bangun tidur siang anak cenderung lebih rewel.
Pada dasarnya banyak sekali manfaat tidur siang bagi anak, namun di atas hanya segelintir manfaat dari tidur siang bagi anak.

Komentar