Inilah 3 Hal Penting Yang Harus Ditanamkan Dalam Mengajarkan Sopan Santun


Di kehidupan yang kian modern, budaya asing semakin mudah masuk dan diikuti oleh generasi muda kita. Hal ini tentu bisa menggerus nilai sopan santun dan adat ketimuran. Sebagai orang tua, anda harus menanamkan nilai kesopanan sejak dini, bahkan sejak balita anak harus mulai diajarkan berbagai hal sederhana yang akan dilakukan selama hidupnya.

Semua orang tua pasti menginginkan memiliki buah hati dengan kemampuan yang lengkap, yakni fisik yang sehat, otak cerdas, dan sikap yang baik. sebagai orang tua, anda harus memaksimalkan semua perkembangannya dengan berbagai usaha. Untuk kesehatan fisiknya, anda tentu harus menyediakan berbagai menu makanan bernutrisi dengan variasi dan rasa yang disukai si kecil, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin sehingga perkembangan motoriknya selalu meningkat. 

Dalam hal sikapnya, anda juga harus berjuang keras untuk selalu mengajarkan nilai-nilai sopan santun sejak dini, karena saat ini kemajuan zaman semakin pesat, budaya asing mulai masuk hingga menggerus budaya dan adat ketimuran. Berikut ini 4 langkah menanamkan adat kesopanan kepada anak yang bisa anda lakukan.

Tanamkan sejak dini

Jika buah hati masih berusia balita, maka saat ini merupakan saat yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai adat kesopanan dan budaya ketimuran kepada buah hati. orang tua bisa memulai dari dari kebiasaan sederhana seperti membiasakan mengatakan maaf, tolong dan kata terima kasih kepada orang lain. di usia remaja saat ini, anak begitu mudah mengikuti budaya barat atau negara lain seperti Korea yang kini semakin digandrungi oleh anak. Sebelum anak mendapatkan pengajaran dari budaya lain, anda harus mengajarkannya sejak saat ini.

Beri contoh dengan teladan

Teladan dari orang tua paling mudah untuk dicontoh oleh anak. Hal apapun yang dilakukan oleh orang tua pasti akan ditiru oleh anak, karena anak merupakan peniru yang sempurna. Oleh karenanya, anda harus selalu mencontohkan hal baik yang berkaitan dengan norma sopan santun setiap hari.

Ajarkan nilai-nilai agama

Pastikan norma kesopanan tidak bertentangan dengan nilai agama. Menanamkan nilai agama juga harus dilakukan sejak dini sebagai ilmu dasar yang akan menjadi panduan dan pegangan hidup bagi buah hati hingga dewasa. Dengan menguasai ilmu agama, maka anak akan mengetahui nilai-nilai baik yang harus dilakukan, dan nilai buruk yang harus dijauhi.

Itulah tiga hal yang harus ditanamkan kepada buah hati guna mengajarkan nilai sopan santun, selamat mencoba!

Komentar